Pengobatan Kusta

Email Cetak PDF

Jika Anda menemukan bercak warna putih atau merah tetapi tidak terasa gatal pada kulit Anda maka segeralah pergi ke Puskesmas terdekat sebelum Anda datang ke Dokter Spesialis Kulit. Setelah di Puskesmas mintalah Anda untuk diperiksa oleh Petugas Puskesmas.

Pemerintah telah melatih petugas Puskesmas di seluruh Indonesia untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan kusta. Pengobatan kusta ditujukan untuk:

  1. Memutus mata rantai penularan.

  2. Menyembuhkan penyakit penderita.

  3. Mencegah terjadinya cacat pada penderita atau kecacatan lanjutan.

Regimen MDT (Obat Kombinasi) yang dianjurkan oleh WHO adalah:

  1. Penderita Kusta Kering (PB)

    Dewasa:

    Pengobatan Bulanan: Hari Pertama (dosis yang diminum di depan petugas) 2 kapsul Rifampisin dan 1 tablet Dapsone.

    Pengobatan harian: Hari ke 2 sampai hari ke 28 (dibawa pulang) 1 tablet Dapsone. Penderita akan memperoleh obat MDT dari Puskesmas sebanyak 6 Blister untuk diminum selama 6-9 bulan.

  2. Penderita Kusta Basah (MB)

    Dewasa:

    Pengobatan Bulanan : Hari Pertama (Dosis yang diminum didepan petugas) 2 kapsul Rifampisin, 3 Kapsul Lampren, dan 1 tablet Dapsone

    Pengobatan harian hari ke 2 sampai hari ke 28 :1 tablet Lampren dan 1 tablet Dapsone diminum setiap hari. Setiap penderita kusta type MB akan mendapatkan 12 blister obat MDT dari Puskesmas untuk diminum selama 12 bulan.

Setelah minum obat tersebut di atas maka penderita dinyatakan :Release From Treatment (RTF/Sembuh)

 

 

Untuk Lebih Jelas Tentang Penyakit dan Pengobatan Kusta Silakan Datang ke Puskesmas Terdekat dan Silakan Berkonsultasi dengan Petugas Kusta di Puskesmas.

Add comment


Security code
Refresh

Komentar lewat Facebook

Share on Myspace

Tips Singkat

Gejala Kusta

Jika Anda menemukan bercak merah atau putih pada kulit anda dan bercak tersebut tidak terasa gatal, maka segeralah berkunjung ke Puskesmas untuk melakukan pemeriksaan